Our Second Visit To Nha Trang

2 - 3 Februari 2008

Yeah, kami sudah pernah mengunjungi Nha Trang bulan November yang lalu. Tapi petualangan yang akan kami lewati kali ini berbeda. Kalau sebelumnya kami hanya berwisata belanja bersama teman2 lokal kami, kali ini kami lebih memilih untuk berenang menemani ikan2 dilaut untuk mengobati rasa kecewa kami pada perjalanan sebelumnya.

Bus yang kami tumpangi meninggalkan hiruk pikuk kota Saigon pada pukul 21.00, terlambat 1 jam dari jadwal karena administrasi bus yang sedikit kacau. Perjalanan menuju Nha Trang agak terhambat karena adanya beberapa pembangunan jembatan pendek melintasi sungai2 kecil. Yah di Vietnam banyak sekali sungai, hampir setiap kota dilewati sungai. Tapi dengan menggunakan sleeper bus, perjalanan panjang ini tidak terlalu melelahkan, karens posisi yang setengah tidur tidak membuat kaki pegal. Sleeper bus inovatif menurut saya, bus antar kota di Indonesia mungkin bisa meniru ide ini.

Sleeper Bus

Inside the sleeper bus

Kami cukup beruntung mendapatkan tepat didepan kursi paling belakang yang kursi terpisah satu sama lain, walaupun masih kurang nyaman juga karena dikiri kanan kepala kami terdapatkan kaki para backpacker yang bisa dibayangkan bagaimana aromanya. Sedangkan di kursi paling belakang ada 5 kursi yang berjajar tanpa pembatas apapun antar kursinya. Saya melihatnya sedikit risih, apalagi tidur bersebelahan dengan orang tidak dikenal.

Pukul 08.30 keesokan harinya, kami tiba di pantai Nha Trang, Kami langsung check in menuju hotel yang sama dengan hotel yang kami tempati dulu, yaitu Hotel Thien An. Kali ini kami hanya membayar US$8 (120.000 VND) untuk kamar berfasilitas 2 tempat tidur (kedua-duanya double bed), AC, dan air panas, padahal kunjungan sebelumnya bersama teman lokal kami yang memiliki agen tour, kami justru harus membayar 150.000 VND. Loh kok??

Our Hotel in Nha Trang

Karena keterlambatan bus tiba di Nha Trang, kami batal mengikuti acara snorkeling di Mun Island yang dimulai pada pukul 07.30. Kami menunda acara snorkeling untuk besok pagi. Jadi hari ini kami hanya city tour.

Makan pagi kami lewatkan pada pukul 10.00 dengan sepiring nasi ayam goreng crispy di Loc Tho’s Kitchen seharga 27.000VND. Rasanya mak nyus!

Rice with Chicken Crispy

Long Son Pagoda
Setelah perut tidak berteriak2 lagi, kami menyewa motor manual dari hotel untuk 12 jam untuk berkeliling kota. Penyewaan motor dan sepeda banyak ditemui di sekitar pantai Nha Trang. Untuk sepeda, penyewa mesti membayar 20.000VND, sedangkan untuk motor sekitar 50.0000-60.000VND untuk motor manual, dan 100.000VND untuk motor automatic. Kami juga harus mengeluarkan uang ekstra juga untuk mengisi bensin, karena uang sewa tidak termasuk bensin. Satu liter bensin oktan 90 berharga 13.000VND.

Berbekal peta kota Nha Trang yang kami beli di agen tour seharga 10.000VND dan suami yang seperti GPS, tau segala arah asal ada peta, Long Son pagoda menjadi tujuan city tour kami yang pertama. Sebuah pagoda yang berdiri megah di atas bukit dengan patung Budha putih di puncaknya.

Budha Statue @Long Son Pagoda

Kami tidak perlu membayar tiket masuk ke pagoda ini alias gratis, tapi kami melihat banyak sekali anak2 kecil penjaja dupa yang cukup mengganggu karena berkali-kali menawarkan dupanya, padahal jawaban kami selalu “No, no, no.”. Bahkan ada anak yang berani mencolek p*nt*t saya (arrrghhh !!!). Tak kalah dengan saya, suami saya juga dicolek2 perutnya. Sambil melihat ke arah suami saya, dengan jari telunjuknya anak penjual dupa itu menusuk2kan jarinya ke perut suami saya (yang -sedikit- buncit) sambil berkata “Budha, budha”.
Hahaha, walaupun kesal dengan anak itu karena memaksakan dagangannya, saya menahan tawa.

Ada juga yang mengaku dari yayasan anak2 dengan menunjukkan tag name di dadanya untuk meyakinkan korbannya, yang menawarkan seamplop kartu pos seharga 100.000VND sebagai sumbangan untuk anak2 tersebut, tapi buku panduan kami “Lonely Planet Vietnam” telah memperingatkan kami agar kami tidak tergoda untuk menyumbang kepada anak2 itu. Lebih baik menyumbang di kotak yang telah disediakan didekat patung Budha dipuncak sana. Pagoda ini nampak kurang terawat dan tidak ada satupun penjaga yang tampak disana. Oya, disini juga terdapat patung Budha sepanjang kurang lebih 10m dalam posisi tertidur.

Reclining Budha, about 10 metres long

Nha Trang Cathedral

Side View of Nha Trang Cathedral

Front View of Nha Trang Cathedral

Siang yang menyengat saat itu tidak memumpuskan keinginan kami melanjutkan perjalanan ke Nha Trang Cathedral. Cathedral ini terletak disebuah bukit, tampak megah ketika kami memandangnya dari bawah. Pintu masuk gereja yang terletak disamping dan agak tersembunyi hampir membuat kami membatalkan niat mengunjunginya. Untunglah ada seorang bapak cyclo (indonesia : becak) yang menunjukkan arah pintu masuk ke katedral.
Katedral ini memikat hati kami dengan arsitektur eropanya yang cantik. Lukisan Yesus dan Bunda Maria dari stain glass yang menghiasi interior katedral ini, tapi sayang kami tidak bisa masuk. Mengintip dibalik lubang2 angin, hanya itu yang bisa kami lakukan. Kami tidak perlu mengeluarkan uang sepeserpun disini.

Dalam perjalanan pulang, mata kami secara tak sengaja melihat sebuah bangunan unik. Penasaran dengan bangunan itu, kami memutar haluan untuk mencari dimana dan apakah bangunan tersebut. Tak sulit mencari bangunan yang kami lihat itu walaupun bangunan itu terletak dalam jalan kecil yang tidak beraspal. Ternyata bangunan tersebut adalah sebuah gereja khatolik. Desainnya yang unik membuat kami kagum, perpaduan yang sempurna antara budaya setempat yang berupa pagoda dan agama Khatolik. Kami juga melihat, Bunda Maria menggunakan ao dai, baju khas Vietnam. Dengan perpaduan budaya seperti ini, agama yang baru pastilah lebih mudah di terima.

Culture and religion blending, pagoda (Chinese influence) and Church

Oya, satu lagi gambar unik yang berhasil kami tangkap di Nha Trang.

It shows you how to bring bring refrigerator with motorcycle :p

City tour berakhir disini. Malam harinya, kami berputar-putar mengelilingi kota Nha Trang menikmati kilauan lampu-lampu yang jatuh di air. Angin di pinggir pantai Nha Trang hari itu bertiup sangat kencang, membuat kami tidak dapat bertahan lama duduk di pinggiran pantai dan mengakhir malam dengan semangkuk Pho 24.

Taman yang dibangun sepanjang pantai Nha Trang

Book exchange self, @Nha Trang beach

Pagi menjelang, kamipun bersiap untuk melakukan snorkeling di Mun Island (Vietnam : Hon Mun). Tour yang kami pilih ini adalah snorkeling saja supaya bisa ber-snorkeling lebih lama, dan kami harus membayar US$10 per orang. Ada jenis tour lain yang hanya membayar US$6-8. Tour tersebut mengunjungi banyak pulau2 kecil, disediakan pesta buah tropis, floating bar party dimana turis bisa menikmati segelas wine diatas pelampung. Untuk diving, US$30 harus dikeluarkan dari kantong. Semua perlengkapan snorkeling dan diving akan dipinjami.

Kami dijemput di hotel kami pada pukul 07.45, kemudian menjemput beberapa orang yang ikut tour bersama kami. Total jumlahnya 5 orang termasuk kami. Hmm sedikit ya..
Kemudian mobil yang menjemput kami berangkat menuju pelabuhan. Disana kami telah ditunggu sebuah kapal yang akan membawa kami ke Mun Island.

Kapal pengantar ke Mun Island

75 menit waktu yang dibutuhkan untuk mencapai Mun Island dengan kapal kami. Sebenarnya tidaklah terlalu jauh jarak antara Mun Island dengan pelabuhan Nha Trang, kami mengira-ira sekitar 10km, tapi kapal kami bukanlah kapal speed boat, jadi jalannya teramat lambat.

Jagoan selam kecil

Floating Village, on the way to Mun Island

Begitu semangatnya ketika kami sampai ke lokasi snorkeling yang pertama. Lokasinya terletak di pulau yang bertebing2 batu, kami tidak boleh terlalu dekat dengan batu atau naik ke batu2, begitu pemandu wisata itu memperingatkan kami. Dengan memakai life jacket (saya sadar bahwa saya adalah tipe orang yang easy-to-be-panic :p) saya menceburkan diri ke air laut menyusul suami yang sudah lebih dahulu masuk. Tapi brrrrr.... wuaduh dinginnya ... walaupun kedinginan, saya memaksakan diri untuk mengikuti suami yang semangat ber-snorkeling. Ternyata tidak seperti bayangan saya ketika bersnorkeling di Pulau Sepa (Pulau Seribu), visibilty air laut disini jelek, kami tak bisa melihat dengan jelas dibawah air. Sinar matahari yang tak begitu terik menambah tak jelas pemamandangan bawah air.

30 menit didalam air, saya menyerah. Air yang dingin membuat nafas saya ngos-ngosan, dan tenggorokan kering karena bernafas dengan mulut. Saya naik ke kapal kembali, dan 30 menit kemudian saya masih tidak berhenti menggigil.

Kapal berada kurang lebih 1 jam di sopt pertama, kemudian beralih ke spot kedua yang (ternyata) tak jauh dari spot pertama. Mungkin kira2 hanya 100meter dari spot pertama. Sedikit kecewa karena kami menyangka kami akan dibawa ke pulau yang berbeda di spot yang kedua. Saya sudah tidak berani masuk ke air, jadi saya hanya menunggu di kapal.. sedihnya… Suami saya masih semangat, dia mencoba lagi spot kedua ini. Dan dia bilang, disini lebih bagus dan lebih jelas. Tapi ketakutan saya terhadap rasa dingin, mengalahkan keinginan saya mengintip kehidupan laut ditempat ini.

Kapal-kapal berkumpul pada spot diving

Turis yang bersnorkeling dengan life-jacket dan pelampung

Satu jam berlalu di spot yang kedua ini, kamipun mengakhiri perjalanan snorkeling kali ini dan kembali ke dermaga. Waktu menunjukkan pukul 12.30 ketika kami diantar dari dermaga ke tempat agen tour untuk makan siang. Menu seadanya menjadi makan siang kami.

Kami mengistirahatkan diri di hotel setelah selesai bersnorkeling sambil menunggu waktu berangkat pukul 18.30 menuju kota selanjutnya yaitu Hoi An yang berjarak sekitar 500km dari Nha Trang.

Summary Note:
Where to sleep:
Hotel Thien An
Add: 12/1 Hung Vuong, Nha Trang
Telp: 058.527037
Email: hotelthienan@yahoo.com
Price: US$8 / night.
Status : Recommended for budget traveller, just about 200m away from beach.

Where to eat:

Telp: (84-8) 58.524491
Email: VExplorer@pmail.vnn.vn
Price:
$8 for tour to the islands.
$10 for snorkeling (only snorkeling, 2 spots)