Jalan2 di sekitar Notredame Cathedral, Buu Dien, Benh Than

Hari ini kami melanjutkan perjalanan kami ke pusat kota Ho Chi Minh. Tujuan kami sekarang adalah Notredame Cathedral dan sekitarnya. Ini dia foto hasil hunting kami :)


Notredame Cathedral

Notredame Cathedral, beautiful church


Interior of Notredame



Notredame, side view


Tulisan didepan pintu masuk Notredame, gereja ini dibangun tahun 1880


Yang punya blog mau bergaya :D


Central Post Office

Buu Dien, means Post Office. This is central post office in HCM


Interior dalam post office, terpajang foto besar Paman Ho Chi Minh

Peta Saigon jaman dulu


In here, they sell souvenir, quite cheap, so a lot of tourist here

Tuh dibelakang telepon umum, bagus ya kabinnya?
Yang depan? itu suamiku, lg pura2 baca peta :p


Ben Thanh Market

Front view Ben Thanh Market
Here is the place to buy some souvenir, T-shirt, traditional Vietnamse costum, bag, fresh flower.
A lot of food stall here, and they are sell vegetable, seafood and spices.
All you need is here. But don't forget to bargain at least 50%. and then raise it little by little.


Side view of Ben Thanh Market.
On this side, they sell fresh flower.


Opera House

If you like art, here is the opera house.


My husband wanted to be taken his picture in front of this banner.
This sign is extremely illegal in Indonesia :D
but here, it is every where on every corner of this city



Setelah hunting photo, kami hendak pulang ke hotel di daerah Anh Phu. Kami menyetop taxi dengan merek Vina Taxi dengan nomor taxi 1288 dan kami pun melaju pulang ke hotel kami di daerah Anh Phu.
Begitu sampai di depan hotel, argo taxi menunjukkan angka 52.000 VND. suamiku menyuruhku mengambil uang dari dompetnya. Uang yang terkecil di dompetnya adalah 100.000VND, kuberikan padanya, tapi ternyata dia ngga mau memberikan uang yang ngga pas (menurut buku Anthony Bourdain yang dia baca, selalu berikan uang pas, karena mereka selalu beralasan tidak ada kembalian). Dia mencari lagi (karena merasa mempunyai uang 50.000VND) dan kemudian dia memberikan uang kepada pak supir dan sedikit tips.

Saat malam hari ketika kami hendak makan, suamiku mencari uang 500.000VND di dompetnya. Dicari-cari didalam dompet, ngga ketemu juga. Dan tiba2 kami sadar bahwa uang yang kami berikan kepada supir taxi adalah 500.000VND :o OMG! 10x lipat dari yg harusnya kami bayar. Lemas langsung kami menyadarinya. Kami sedikit saling menyalahkan, karena saya sudah memberikannya uang 100.000 VND, tapi tapi apa mau dikata, nasi sudah menjadi bubur. Saya berpikir bahwa the taxi driver is not honest, masak sih dia ngga berpikir bahwa ngga mungkin kita memberikan tips 10x lipat. And I think The taxi driver did not need to work again for that day, just went home and slept! (Salahkan buku Anthony Bourdain :D yang dibaca suamiku)

Pelajaran di hari ini :
  • Pisahkan tempat uang berjumlah besar dan kecil apalagi Anda belum familiar dengan mata uang asing yang baru. Kalo tidak mungkin anda akan punya pengalaman yang sama seperti saya.
  • Usahakan segera memecah uang dengan nominal besar jika anda mendapatkannya.
  • Ternyata pengalaman ini bukan hanya kami, tapi juga teman suami saya yang berasal dari Denmark. Dia bahkan mengalaminya lebih dari sekali (apalagi saat dia mabuk :p ), jadi berhati-hati, karena kemungkinan terjadinya besar.

4 Responses
  1. Kristina, bulan Juni 2008 lalu kami juga tiba di HCMC untuk berlibur. Setiba di bandara, ketika hendak menuju Pham Ngu Lao, sopir sedikit mendesak kami supaya tidak mencari kendaraan lain. Kami naik. Karena baru tiba dan belum familiar dengan mata uang VND dan masih linglung, sopir meminta 900.000 VND. Kami belum menyadari berapa besarnya jumlah itu dan berapa jarak yang akan kami tempuh. Betapa kagetnya kami, ketika mengetahui bahwa kami telah membayar lebih daripada 10 x lipat harga sewajarnya dari bandara ke Pham Ngu Lao.
    Jadi memang sopir taxi VN betul2 suka menipu.


  2. Wah.. sayang sekali ya Anda terlambat membaca blog saya, jadi Anda mengalami peristiwa yg hampir sama dg saya.
    Padahal dr bandara Tan Son Nhat ke Pham Ngu Lao. klo pake argo cuma skitar 70.000 VND, skitar 7km.

    Memang perlu ekstra hati2 saat bertransaksi di HCMC. Mungkin ada baiknya klo ingin jalan2 ke suatu tempat cari tau dulu kira2 berapa biaya2 utk angkutan di daerah yg mau di tuju.

    Next time, mungkin Anda bisa meng-email saya utk informasi ttg HCMC jika ingin jalan2 ke HCMC lagi.. :)


  3. Anonymous Says:

    haloo..
    salam kenal ya!
    seneng loh baca website-a kakak.. =)

    kak,gini nih. aq nih student yang lagi nyasar di malay. rencananya taon depan bulan mei gitu aq mau maen2 ke vietnam. abis baca blognya kakak rasanya jadi makin pengen kesana nihh .. x)

    aku mau nanya rincian biayanya kesana berapa ya?
    trus kira2 harus bawa brapa buat jalan2 3 ato 4 hari disana?
    trus ada biaya2 tambahan gitu ga pas di bandaranya?
    aq tu ma temen2 baru pertama kali pergi sendiri ke tempat yang lumayan jaoh gitu. jadi hanya bermodalkan nekad dan duit doank nih. hehehe.
    maap ya kak banyak nanya. moga cepet di bales. hehehe.
    ceritanya asik2 kak.. =)


  4. Hallo..
    Saya juga senang loh klo ada yg enjoy baca blog saya ;)

    Vietnam memang menarik dikunjungi. Biaya hidup yang tidak terlalu mahal, bisa dikatakan hampir sama dengan di Indonesia, a piece of Europe ada di gereja Notredame dan bangunan sekitarnya, dan klo yg ingin belanja, di Vietnam cukup murah2 asal pandai menawar.

    Biaya disana tergantung pada gaya hidup yg mau kamu lewati disana. Klo mau gaya backpacker, penginapan US$10/hari dengan bunk bed (dan kemungkinan tidur rame2 sekamar dengan orang lain, kamar mandi di luar, penginapan backpacker ini banyak di daerah jalan Pham Ngu Lao, District 1). sedangkan kalau hotel bintang 2 bisa kamu dapet dengan harga mulai $25.

    Untuk makan, makanan standar disana adalah Pho (bihun lebar dengan daging sapi/ayam). Di restoran Pho 24 atau Pho 2000, harganya US$2, sedangkan klo pho dipinggir jalan hanya US$1. Nasi juga banyak diwarung2 disana. Sebotol air mineral 500ml rata2 US$0.3. Jadi sekali makan US$2.3,klo sehari ya tgl dikali 3. Klo tinggal disana 3 atau 4 hari ya tgl dikaliin aja lagi ;) tp bisa jadi kita tdk hanya makan&minum 3x/hari, bisa jadi kita lihat jajanan yg menarik, yg akhirnya kita beli, jd biaya lagi.

    Dibandara sama sekali tidak ada pajak bandara, saat tiba maupun saat berangkat. Biasanya naik taxi dari bandara ke pusat kota, sekitar 100.000 VND (US$5.5 dengan kurs 18.000 VND/US$). Pakailah taxi berargo, kalo ngga pake argo jangan mau. cari yg lain banyak kok. Cari yg mobilnya bagus, biasanya trustable. Transport ditengah kota juga biasanya pakai taxi.

    Silahkan hitung sendiri ya.. yg saya sebutkan diatas, semuanya biaya minimal. Jadi uang yg dibawa jangan mepet2, saya rasa minimal 2x lipat. Selalu sediakan biaya extra, karena selalu aja biaya tak terduga, misalnya semula ga ingin shopping, eh ternyata kok jadi pingin macem2.

    Ok, happy travelling!