Vietnam Tidak Sekedar Pho

Menjamurnya rumah makan Vietnam di tanah air, membawa warna baru dalam keanekaragaman kuliner di Indonesia. Pho adalah yang paling "merakyat". sebut saja Pho 24 atau Pho 2000, restoran pho yang berpusat di Vietnam yang kini mudah ditemui di pusat-pusat perbelanjaan besar di Indonesia. Bumbu yang tidak berbeda jauh dengan makanan Indonesia membuat makanan Vietnam mendapat tempat di peta kuliner Indonesia.

Ketertarikan akan kuliner Vietnam dan kesempatanlah yang membawa penulis untuk datang dan hidup di Vietnam.

Secara garis besar makanan di Vietnam terbagi menjadi 2 gagrak besar, gagrak utara dan gagrak selatan. Gagrak utara hadir dalam hidangan yang penuh dengan bumbu bumbu yang "panas" atau pedas mengingat suhu udara di daerah Vietnam utara terkadang bisa sangat dingin , tahun ini daerah Sapa (bagian paling utara Vietnam) bisa mencapai 0 derajad celcius pada bulan Februari. Sedangkan gagrak Vietnam selatan tampil lebih dinamis dengan perpaduan (fusion) dari makanan bangsa-bangsa lain yang memberi warna unik pada makanan Vietnam, sebut saja "banh mi bi" sebuah sandwich dengan bahan dasar roti prancis tapi diisi dengan bumbu herbal Vietnam yang segar.. Sungguh perpaduan yang unik

Pho yang banyak di jumpai di Indonesia dapat digolongkan dalam gagrak yang kedua, gagrak selatan. Ditandai dengan kuah yang bening yang dipadu dengan sayuran Vietnam yang wangi dan segar.

Pho, Vietnamese Noodle

Hidangan mie yang mewakili gagrak utara adalah Bun Bo Hue. Hidangan yang berasal dari Hue yang berlokasi di Vietnam tengah , kira-kira 1.5 jam penerbangan dari Ho Chi Minh City. Hue adalah sebuah kota kerajaan kuno Vietnam. Jejak kerajaan Vietnam masih bisa dijumpai di Hue, ditandai dengan istana raja yang masih berdiri megah setelah mengalami tragedi perang dan renovasi di sana sini.

Bun Bo Hue hadir dalam penampilan kuah yang nampak lebih "berat" dari pho, warna merah menunjukan jejak bumbu yang pedas dalam masakan ini, disandingkan dengan irisan bawang bombai dan sayuran Vietnam yang menarik membuat makanan ini tampak begitu menggoda

Bun Bo Hue

Secara etimologi, Bun Bo Hue dapat diartikan secara harafiah sebagai Mie Sapi dari Hue. Toping Bun Bo Hue ini dapat kita modifikasi sesuai keinginan kita. Seperti Bun Bo Bap, mie hue dengan toping daging dan otot sapi. Atau Bun Bo Tai , Mie hue dengan toping daging sapi setengah matang. Bahkan Bun Cha cua, mie hue dengan toping daging kepiting. Apapun pilihan toping anda Bun Bo Hue akan selalu tampil menggoda.

Bun Bo Hue hadir dengan rasa asam pedas yang segar. jejak cabe dan merica cukup mendominasi masakan ini. Potongan daging yang "murah hati" membuat rasa kaldu daging muncul dan ikut mendominasi masakan ini.

Seperti masakan Vietnam pada umumnya, Bun Bo Hue juga didampingi porsi sayur-sayuran yang melimpah. sebut saja daun kemangi, taoge, daun bawang bahkan potongan jantung pisang ikut tampil dalam hidangan ini.


Lalapan pelengkap Pho dan Bun Bo Hue

Paduan rasa yang gurih dan pedas dari cabe, merica dan kuah daging berkolaborasi cantik dengan aroma dan rasa dari sayuran yang segar .. mempesona.

Di Ho Chi Minh City dapat ditemui beberapa restoran bun bo hue yang memiliki kualitas juara. salah satunya adalah 3A3 Bun Bo Hue yang berlokasi di 99 Pham Ngu Lao St. Dist 1, HCMC. Sebuah lokasi yang cukup dikenal oleh kalangan turis asing yang berkunjung ke Ho Chi Minh City.

Kita tinggal menunggu kehadiran Bun Bo Hue di tanah air, yang pasti akan membuat peta kuliner Indonesia semakin beragam.


3A3 Bun Bo Hue
Address : 99 Pham Ngu Lao St. Dist 1, HCMC
Phone : 08 9 146 812
www.bunbohue3a3.com

0 Responses